editMenjelang penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) Kota Semarang, baru 5 partai yang mendaftar ke KPU Kota Semarang. Tiga partai di antaranya, mendaftarkan bacaleg pada hari Minggu (21/4) kemarin. Yakni DPD Partai Golkar, DPC Partai Gerindra, dan PPP.
Dari sekian partai yang sudah mendaftar, Gerindra termasuk partai yang benar-benar memuliakan perempuan dalam susunan calegnya. “Tepat pada Hari Kartini ini kami mendaftarkan calegnya ke KPU Kota Semarang, kami menjunjung tinggi perjuangan Ibu Kartini, buktinya caleg perempuan kami ada yang ditempatkan nomor satu,” ujar Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semaang Suhariyanto, usai menyerahkan bekas ke KPU Kota.

Suhariyanto mengatakan, Gerindra menempatkan kader perempuan pada nomor urut 1 di dapil Semarang 1. Sedangkan di nomor urut dua ada di dapil 3 dan 4. Dari segi jumlah kader perempuan yang didaftarkan ada 19 orang atau 38 persen. “Tentu jumlah caleg perempuan kami melebihi kuota yang ditetapkan undang-undang, penempatan nomor urut juga,” ujarnya.

Suhariyanto optimistis partainya mampu meraih target kursi DPRD Kota Semarang pada pemilu 2014 sebanyak 13 kursi. Dari enam dapil, partai yang didirikan oleh Prabowo Subianto, optimistis bisa meraih 3 kursi di dapil Semarang III yang meliputi Kecamatan Genuk,Pedurungan dan Gayamsari.

Sedangkan di dapil lainnya, Suhariyanto juga optimistis bisa menggaet 2 kursi per dapil. Sementara itu, terkait usaha yang telah dilakukan partainya, Suhariyanto mengatakan, para caleg sudah terjun ke masyarakat melakukan sosialisasi.
Tidak hanya itu. Dalam menentukan caleg, Gerindra juga melihat rekam jejaknya di masyarakat. “Mereka kami lihat bagaimana kiprahnya di masyarakat, apa yang telah dilakukan pada masyarakat,” terangnya.
Dia mengakui, dari daftar caleg yang diserahkan KPU, memiliki latar belakang yang beragam. Juga strata pendidikan yang bermacam-macam. Namun, parameter utama yang dilihat adalah sejauh mana kiprahnya di tengah masyarakat sehingga caleg yang dipilih benar-benar merakyat.

Sementara itu, DPD Partai Golkar mendaftarkan bacalegnya ke kantor KPU kemarin berjalan kaki dan diiringi musik jatilan. Dikatakan Ketua DPD Partai Golkar Kota Semarang Agung Priambodo, hal itu sebagai upaya untuk nguri-uri budaya tradisional.
Ketua KPU Kota Semarang, Hakim Junaidi mengatakan, hingga Minggu kemarin, dari 12 partai yang memungkinkan untuk mendaftarkan bacaleg, baru lima partai yang sudah menyerahkan berkas. Yakni PKS, Hanura, Gerindra, Golkar, dan PPP. “Kita masih ada waktu sampai 22 April besok (hari ini). Kita tunggu sampai pukul 16.00. Kalau sampai batas waktu atau bahkan lebih dari jam yang ditentukan, akan kita tolak.” (zal/isk/ce1)